TOP 4 Sasis Bus Terbaik yang Digunakan di Indonesia Nyaman & Kuat

GOBUS.ID – Seiring berjalannya waktu, populasi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Indonesia terus mengalami peningkatan jumlah.

Banyak Perusahaan Otobus (PO) bermunculan yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mewah dan lengkap untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang.

Ada macam-macam sasis bus di Indonesia yang menjadi andalan setiap PO bus yang digunakan oleh tiap unit armadanya.

Sasis Bus Terbaik
Sasis Bus Terbaik

Baca juga :

4 Sasis Bus Terbaik yang Digunakan di Indonesia

Ada sejumlah 4 sasis bus di Indonesia yang hingga saat ini masih menjadi andalan dan diminati oleh berbagai PO bus. Berikut penjelasannya.

1. Hino

Hino merupakan merek sasis bus yang popular dan banyak diminati Indonesia, khususnya untuk Perusahaan Otobus di Pulau Jawa.

Sasis bus ini memiliki mesin yang tangguh dengan sistem elektrik yang tidak terlalu rumit.

Pemilik PO Sumber Alam mengatakan bahwa sasis bus ini lebih mudah dalam melakukan perawatan karena belum menggunakan sensor dan computer.

Jadi apabila mengalami kerusakan tiba-tiba di perjalanan, mekanik pinggir jalan pun dapat memperbaikinya.

Di Indonesia, jenis sasis merek Hino yang paling banyak digunakan yaitu jenis R260 dan RN285.

Untuk jenis sasis ini, bagi pemilik PO, Anthony, sudah tergolong cukup canggih, karena menerapkan sistem komputerisasi, meskipun penggunaannya belum begitu rumit.

Terkait dengan spesifikasi sasis ini, Hino R260 sudah dibekali dengan mesin diesel 6 silinder segaris dengan kubikasi 7.684 cc menggunakan turbo intercooler. Sedangkan untuk tenaganya dibekali hingga 256 daya kuda.

Untuk spesifikasi sasis merek RN285, dibekali dengan mesin diesel 6 silinder yang berkubikasi 7.684 cc turbo intercooler.

Selain itu, mesin pada RN285 memiliki tenaga sebesar 283 dk dengan torasi 892 Nm.

2. Mercedes Benz

Macam-macam sasis bus di Indonesia selanjutnya adalah Mercedes Benz, salah satu sasis bus yang banyak diminati oleh Perusahaan Otobus di Indonesia.

Tidak sekadar di Pulau Jawa, sasis Mercedes Benz juga popular di wilayah Pulau Sumatera.

Sasis bus ini memberikan kenyamanan yang lebih baik kepada para penumpang.

Selain itu juga popular karena memiliki tenaga dan torsi yang sangat besar.

Itulah mengapa sasis ini dinilai cukup andal untuk melaju di jalanan dengan medan yang berliku dan menanjak.

Untuk jenis Mercedes Benz yang sekarang paling sering dipakai yaitu jenis 1526 dan 1626.

Jenis Mercendes Benz juga menerapkan sistem computer yang tidak begitu rumit sehingga masih banyak yang menggunakannya.

Untuk spesifikasi jenis Mecedes Benz OH 1526 dan OH 1626 keduanya sama-sama dibekali dengan mesin diesel 6-silinder segaris turbo intercooler dengan kubikasi 6.374 cc.

Sedangkan untuk tenaga sasis ini bisa mencapai 260 dk dengan torsi hingga 950 Nm. Letak perbedaan antara OH 1526 dan OH 1626 ada di bagian sistem transmisi yang digunakan.

Jika di OH 1526 hanya terdapat manual 6 percepatan saja, maka OH 1626 memiliki pilihan transmisi lain otomatis 6 percepatan.

3. Scania

Scania merupakan salah satu merek sasis yang banyak digunakan oleh PO bus di Indonesia.

Merek sasis ini popular karena memberikan kenyamanan kepada para penumpang, sehingga keberadaannya cukup diminati.

Hanya saja, dibandingkan sasis Hino dan Mercedes Benz, sasis Scania tidak sepopuler kedua sasis lainnya tersebut.

Meskipun demikian, sasis Scania saat ini mulai banyak dilirik oleh berbagai PO bus untuk mengisi line up bus tingkat atau bus mewah.

Tidak hanya nyaman, sasis Scania juga memiliki tenaga dan torsi yang cukup besar.

Anthony menyampaikan bahwa untuk saat ini PO bus di Indonesia yang menggunakan sasis Scania memang tidak sebanyak sasis besar lainnya, karena hanya beberapa PO saja yang punya. Hanya saja bus ini dapat untuk tronton atau double decker.

Sasis Scania memiliki beberapa jenis, tetapi yang tercatat memiliki banyak peminat hanya ada dua, salah satunya yaitu K310ib.

Sasis jenis ini dibekali dengan mesin diesel 6 silinder yang berkubikasi 13.000 cc turbo intercooler.

Untuk tenaga yang dihasilkan oleh jenis sasis ini mencapai 410 dk dengan torsi puncak mencapai 2000 Nm.

Mesin yang bertenaga besar ini dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 8 percepatan Opticruise.

Dengan spesifikasi yang sedemikian lengkap, tidak heran jika Scania termasuk salah satu sasis bus premium yang diminati oleh PO bus Indonesia.

4. Volvo

Macam-macam sasis bus di Indonesia yang terakhir adalah merek Volvo yang saat ini juga cukup banyak digunakan. Sasis Volvo ini dipasarkan oleh PT Indotruck Utama.

Spesifikasi dari bus Volvo yang digunakan untuk bus AKAP tidak sama dengan bus yang digunakan pada bus Transjakarta. Letak perbedaannya ada di segi tenaga.

Seperti halnya sasis Scania, sasis bus dengan merek Volvo dikenal dapat memberikan fasilitas yang nyaman kepada para penumpang.

Selain itu, sasis ini juga bertenaga besar dan harganya cukup mahal dibandingkan sasis pada umumnya.

Untuk jenis sasis Volvo yang paling sering dipakai saat ini yaitu Volvo B11R yang tercatat di atas kertas memiliki spesifikasi cukup bagus.

Sasis ini memiliki tenaga mesin diesel 6 silinder dengan kapasitas 10.8 liter turbo intercooler.

Mesin dari sasis Volvo mempunyai tenaga 370 dk sampai 460 dk yang dibekali torsi sekitar 1.770 Nm sampai 2.200 Nm.

Untuk sistem transmisi yang digunakan pada sasis bus ini yaitu menggunakan otomatik Volvo i-Shift.

Itulah macam-macam sasis bus di Indonesia yang paling popular dan banyak digunakan oleh PO bus Indonesia.

Setiap sasis tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing sesuai dengan spesifikasi yang dimilikinya.

Namun beberapa sasis di atas tergolong sasis premium yang nyaman bagi para penumpang.

Leave a Comment